Powered by Blogger.

Media Pembelajaran Pengenalan Pecahan Praktis

Mediapedi : Media pembelajaran pengenalan pecahan praktis | Di kelas tingkat dasar peserta didik sudah dikenalkan bentuk pecahan. Pendidik mengenalkan bentuk pecahan ini dengan berbagai cara mereka. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran.
Lalu apa yang dimaksud pecahan? Dalam situs Wikipedia menjelaskan bahwa:

“Pecahan (Fraksi) adalah istilah dalam matematika yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Hakikat transaksi dalam bilangan pecahan adalah bagaimana cara menyederhanakan pembilang dan penyebut. Penyederhanaan pembilang dan penyebut akan memudahkan dalam operasi aritmetika sehingga tidak menghasilkan angka yang terlalu besar tetapi tetap mempunyai nilai yang sama. Contohnya: bila dibandingkan antara 50/100 dan ½ maka lebih mudah dan sederhana melihat angka ½. 50/100 terlihat sebagai ”angka raksasa” yang kelihatannya lebih kompleks dibandingkan ½, padahal sebenarnya kedua angka ini tetap memiliki nilai yang sama. Pada operasi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan selain disederhanakan juga penyebutnya harus disamakan dengan bilangan yang sama, sedangkan pada operasi perkalian caranya adalah pembilang dikali pembilang, penyebut dikali penyebut. dan dalam operasi pembagian, pecahan yang di kanan dibalikkan, setelah dibalikkan, tanda : diubah menjadi tanda kali (X), seperti 3/4 : 5/6 = 3/4 X 6/5 = 18/20 = 9/10.”
pengenalan-pecahan-matematika

Di sebagian sekolah tentunya sudah memiliki media pembelajaran pecahan yang telah diberi oleh pemerintah atau bahkan mengadakannya sendiri. Masalahnya di sebagian sekolah, keadaannya lain. Ada yang tidak memiliki media pembelajaran pecahan yang bisa digunakan dalam pelajaran matematika. Untuk mengatasi hal itu, sebagai guru atau pengajar tentunya anda sudah bisa membayangkan atau memiliki ide media pembelajaran pecahan yang baik untuk peserta didik. Misalnya benda asli seperti kue yang nantinya dipotong-potong, buah yang dibelah, kreasi sendiri, dan sebagainya. Namun masalahnya, ada dari kita yang membutuhkan alat yang menurut kita lebih praktis dan mudah untuk digunakan serta murah. 

Media Pembelajaran untuk Merperkenalkan Bentuk Pecahan

Disini Mediapedi sebagai blog berisi contoh media pembelajaran ingin berbagi sebuah media pembelajaran pecahan yang kami rasa praktis dan mudah digunakan dalam proses belajar mengajar. Misalnya media pembelajaran pecahan di bawah ini. Gambar media pembelajaran pecahan di bawah ini nantinya juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran penjumlahan pecahan.

media-pembelajaran-pecahan-matematika-yang-praktis

Klik kanak > Simpan

Memang Media pengajaran digunakan dalam rangka upaya peningkatan atau mempertinggi mutu proses kegiatan belajar-mengajar. Tapi kadang, kita perlu media pembelajaran yang praktis, mudah digunakan dan murah. Di atas merupakan gambar media pembelajaran pecahan matematika yang  kami anggap praktis dan mudah digunakan dalam mengenalkan bentuk pecahan kepada murid.

Semoga gambar media pembelajaran pengenalan pecahan praktis ini dapat digunkan dan bermanfaat. Mohon di-share/dibagikan kepada yang lain apabila bermanfaat. Terima kasih dan Salam ..

0 comments:

Post a Comment