Powered by Blogger.

Media Pembelajaran Pesawat Sederhana SAINS IPA

MEDIAPEDI - Media Pembelajaran Pesawat Sederhana yang sedang Anda cari? Anda bingung untuk membuat media pembelajaran pelajaran IPA? Bagi para guru pendidik, pengajar, dan pembimbing, di sini Anda bisa mendapatkan gambar media pembelajaran IPA atau Sains tentang pesawat sederhana. 

Sebenarnya ada banyak sekali media pembelajaran yang bisa Anda pilih di internet, salah satunya adalah yang kami bagikan ini. Meskipun tidak sebaik dibanding media yang khusus dibuat oleh pihak lain, namun bisa digunakan bagi kita yang ingin mengajarkan materi pesawat sederhana di tingkat SD, SMP, bahkan SMA. Yang kita butuhkan adalah laptop untuk menunjukkan media ini kepada peserta didik. Jika tidak bisa, kita download gambar medianya kemudia cetak (print). Kita tinggal menunjukkannya kepada siswa saat mengajar di kelas.

Berikut ini media pembelajaran tentang pesawat sederhana yang kami buat sendiri. Jika media ini tidak sesuai dengan harapan Anda, mohon maaf. Disini kami hanya ingin berbagi media pembelajaran. Jika Anda ingin mendownload gambar di bawah ini, caranya KLIK KANAN GAMBAR – SAVE AS IMAGE (SIMPAN).

media-pembelajaran-pesawat-sederhana-sains-ipa-sd-image

Selanjutnya Anda tinggal mempergunakan gambar media pesawat sederhana ini pada pembelajaran di kelas Anda sesuai dengan keinginan Anda. Namun, kami ingin memberi sedikit pengantar yang mungkin dapat membantu dalam mempergunakan media pembelajaran pesawat sederhana di bawah ini kepada peserta didik.

kegiatan-berhubungan-pesawat-sederhana-image


Apersepsi (pendahuluan dalam pembelajaran): 
Anak-anak perhatikan gambar ini? 
Sedang apa mereka? 
Apa perbedaan diantara mereka?
Kalau menurut kalian, mana yang terlihat lebih mudah dan butuh tenaga yang kecil dalam memindahkan batu itu?
Mengapa demikian?

Informasi materi pembelajaran: 
Anak yang menggunakan tongkat ini, akan lebih mudah dan butuh tenaga kecil dalam memindahkan batu karena menggunakan tongkat. Kalian tahu, alat sederhana yang dirancang untuk memudahkan pekerjaan manusia disebut Pesawat sederhana. Nah kali ini kita akan belajar mengenai PESAWAT SEDERHANA.

Tongkat yang dipakai anak itu termasuk pesawat sederhana. Tahukah kalian, bahwa pesawat sederhana itu ada beberapa macam penggolongan. Yaitu ada Tuas (pengungkit), Bidang miring, Roda berporos, dan Katrol.

gambar-peta-konsep-materi-pesawat-sederhana

Mari kita pelajari satu persatu agar kalian lebih paham.

Tuas (pengungkit)
Tadi kalian sudah melihat anak yang ingin memindahkan batu menggunakan tongkat bukan? Itu merupakan salah satu contoh tuas (pengungkit). Dalam tuas (pengungkit) ada beberapa hal yang perlu kita pahami yaitu titik kuasa, titik tumpu, titik beban, lengan kuasa, dan lengan beban. Titik tumpu (TT) adalah titik di mana tempat batang tuas bertumpu. Titik kuasa (TK) adalah titik di mana tempat mengumpulkan gaya. Titik beban (TB) adalah titik di mana benda yang akan diangkat diletakkan. (Anda bisa menjelaskan dengan cara Anda sendiri).

cara-kerja-tuas-pengungkit-image

Setelah mengetahui mekanisme tuas (pengungkit) berikut ini beberapa contoh tuas (pengungkit).

contoh-alat-tuas-pengungkit-image

Ada banyak sekali contoh alat yang menggunakan prinsip tuas. Berdasarkan letak titik beban, tumpu, dan kuasa, tuas (pengungkit) dibagi menjadi 3 jenis.
jenis-jenis-tuas

Penjelasan singkat
Tuas jenis I   : Titik TUMPU (T) diantara titik beban dan titik kuasa atau sebaliknya.
Tuas jenis II  : Titik BEBAN (B) diantara titik tumpu dan titik kuasa atau sebaliknya.
Tuas jenis III : Titik KUASA (K) diantara titik tumpu dan titik beban atau sebaliknya.

Berikut ini contoh-contoh alat atau benda yang memakai prinsip kerja tuas berdasarkan jenisnya.
contoh-tuas-pengungkit-jenis-1

contoh-tuas-pengungkit-jenis-2

contoh-tuas-pengungkit-jenis-3

Apa keuntungan menggunakan tuas (pengungkit). Berikut ini penjelasannya. Semakin panjang lengan kuasa, semakin kecil gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat beban. Dengan kata lain, jika lengan kuasa lebih panjang dari lengan beban maka gaya yang dibutuhkan akan kecil. Sebaliknya, jika lengan kuasa lebih pendek dari lengan beban maka gaya yang dibutuhkan semakin besar. Hal ini disebut keuntungan mekanis pada tuas.
keuntungan-mekanis-pengungkit-tuas
  
Bidang Miring
Perhatikan gambar di bawah ini. 
pesawat-sederhana-bidang-miring


Berikut ini beberapa gambar contoh penggunaan bidang miring serta baji. (Beri penjelasan)

contoh-bidang-miring-image


Bidang miring memiliki keuntungan dan kerugian. Maksudnya bidang mring mempunyai kelebihan dan kekurangan. Misalnya pada jalan yang berkelok di pegunungan.
Keuntungan/kelebihan : Membutuhkan gaya/tenaga yang kecil untuk dapat ke atas.
Kerugian/kekurangan : membutuhkan jarak yang lebih panjang dan waktu yang lama.

Roda Berporos
Tidak banyak yang akan dijelaskan karena sebagian dari kita sudah mengetahui. Perhatikan gambar dibawah ini.

contoh-pesawat-sederhana-roda-berporos-gambar

Orang yang memindahkan barang menggunakan roda akan lebih mudah daripada yang tidak menggunakan roda. Contoh lain Anda bisa menyebutkan sendiri.

Katrol
Katrol adalah roda yang dapat berputar pada porosnya yang berguna sebagai alat pengangkat atau penarik benda. Prinsip kerja katrol sama dengan pengungkit, yaitu memiliki tiga titik, antara lain titik tumpu (TT), titik beban (TB), dan titik kuasa (TK). Dapat dikatakan bahwa katrol merupakan gabungan antara tuas (pengungkit) dan roda berporos.

pesawat-sederhana-katrol-image

Contoh alat yang menggunkan pesawat sederhana jenis katrol.
contoh-alat-menggunakan-katrol

Hampir sama dengan tuas, katrol dibagi menjadi 4 jenis yaitu katrol tetap, katrol bebas (bergerak), katrol majemuk (gabungan), dan blok katrol (berpasangan). Perhatikan gambar ini agar lebih paham tentang jenis-jenis katrol.

gambar-jenis-katrol

Nah itulah media pembelajaran gambar pesawat sederhana yang bisa saya bagi. Sebenarnya memang lebih baik menggunakan alat asli atau nyata. Namun dengan gambar juga akan lebih mudah dan menyenangkan daripada tidak ada media sama sekali. Jika ada yang tidak berkenan terhadap media pembelajaran yang telah kami buat, misalnya kenapa bukan gambar benda asli? Itulah keterbatasan kami. Kami menemukan yang ada meskipun bukan asli tapi itu juga sudah cukup jelas menurut kami. 

Semoga media pembelajaran tentang pesawat sederhana yang kami bagi di blog MEDIAPEDI ini dapat digunakan dan bermanfaat bagi Anda dalam membantu peserta didik agar lebih paham. Jangan lupa di SHARE sebagai tanda apresiasi Anda kepada kami melalui tombol Facebook, Twitter, Google Plus, dan sebagainya. Salam. 

0 comments:

Post a Comment